Moes Jum
Male
mBogor


Sodara-sodara sekaliyan ....
Ini bukan hal penting untuk diliyat dan dijadiken referensi.
Ini cuman upaya ikut-ikutan saja seperti layaknya wong Indonesahh


   




Locations of visitors to this page




Sampeyan wong ndeso? Gak peduli dibilang "norak"? Kampungan? Atau males dan gak bisa beradaptasi sama modernitas dan rutinitas Jakartee? Monggo jangan sungkan2 untuk ndobos dan cangkruk gratisan di BUNDERAN HA-I setiap Jemuah malem (kalo gak hujan).

Aku iki wong Jowo sing berdomisili di Kota mBogor nan Indah Permei. Memang sekarang kota ini kurang nyaman. Mangka dari itu, aku dan konco-kancaku nyoba urun waktu dan tenaga supaya mBogor lebih indah dan nyaman. Diawali dengan mulung sampah di Kali Ciliwung setiap hari Sabtu. Sampeyan tertarik ikutan? Monggo sampeyan "klik" gambar berikut:





Blog ini tidak muncul mak jegagik begitu saja. Waktu mbuatnya aku banyak nyontek dan njiplak punya orang lain supaya tetep jadi "blog palsu" dan tidak berguna. Berikut beberapa yang sering diintip dan (tentu saja) dijiplak:

ANAKPERI KULAK BOROK
BAHTIAR THOK
BALIBUL
BANG PI'I
BERANGBERANG
BLANTHIK AYU
DINDA JOU
E-JHONSKI PANDIRAN GETEK
E-NDIKS
EVI
HEDI THOK
IPOEL_BANGSARI
ITOK
JAWA KULON
KABOER KANGINAN
KOEAING!
KOTA HUJAN
MENTHIL SUMENTHOK
MIKOW
NDORO SETEN
NDOBOSPOL
NENG JENI
NOTHING (WAHYU)
PAMAN TYO
PECASNDAHE
PINKINA
PITIK
JAWA KULON
TIKA BANGET
TITO KOMIK
TJILIWOENG DREAMS
YUSWAE










If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed


Tuesday, June 27, 2006
Singkatan Wagu, Lucu, dan Saru

Sesuai dengan apa yang disarankan oleh Mas Kere Kemplu, aku nyoba untuk memahami romansa sepur dalam perjalanan nglajo-ku.  Tapi terus terang aku gak nemu yang namanya romansa.  Yang menarik malah penjual minuman di kereta yang gemar banget nyebut kata "monti monti jeli .".  Tadinya lumayan lama juga cari tau opo maksude si penjual minuman itu.  Tapi setelah sambil goyang kiri kanan jaga keseimbangan badan (soale berdiri dengan posisi nggantung), akhire aku ketemu maksude.  Ternyata si penjual itu sedang menawarkan produk Lemon Tea dan Vitta Jelly yang banyak digemari karena suegeerr.

 

Jadi rupanya orang sudah semakin efektif dalam penggunaan kata.  Apalagi kalo situasinya tidak mendukung penyebutan kata dengan lengkap, seperti dalam kereta.  Orang2 di sana kan penuh sesak, trus si penjual harus bisa menjual dalam waktu cepat karena takut minumannya sudah tidak dingin lagi.  Walaopun di beberapa hal singkatan justru malah membuat orang mengerutkan kening mikir lama untuk tau maksudnya.  Lihat aja contonya singkatan lembaga-lembaga resmi (biasanya bikinan Pemerintah) kayak  

BAKORSTANASDA

KIMBANGPRASWIL yang kemudian jadi KIMPRASWIL

GNRHL yang kemudian jadi GERHAN

RTRWP

PUSBANGTEPA

IUPHHK, IHPHH, SKSHH, PSDH, RPBBI

dsb dsb .

Tapi kalo bicara budaya (red: Jowo), kayaknya memang bangsa Indonesah ini suka sekali pake singkatan2.  Singkatan tsb bisa digunakan untuk kepentingan formal, maupun keplenthingan informal.  Dulu sekali aku pernah diajari singkatan lucu kayak

Boernas kopen = bubur panas kokopen

Soerdheg wheren = susur neng gedheg ewer-eweren

Idhus talen = (maaf) tai wedhus untalen

Litel bonimoet = silit gatel dileboni semut

Sampe ke model yang agak lebih saru dan lucu kayak begini

Pentil kecakot = penjaga tilpon kecamatan kota

Cenglu = bonceng telu

Lugu = lucu tur guoblok

Canggih = cangkeme nggah nggih

Wongso subali =  .???

Sumuk ra kringeten = .???

...................

...................

................... 

Jadi wajar saja kalo di negara Indonesah tercinta ini banyak sekali kita ketemu yang namanya singkatan.  Singkat kata pokoke T.O.P B.G.T lahh bangsa kita ini.  

 

Hayoo coba sapa yang bisa nambahin kamus singkatan wagu, lucu, dan mungkin saru selanjutnya??? Wink


Posted at Tuesday, June 27, 2006 by Moes Jum

ihiirrt
February 1, 2014   07:45 PM PST
 
minak jinggo : miring penak njengking monggo

pringsurat kidul magelang : nek bar muncrat pegele ilang

temanggung wonosobo : timbang nanggung luwung tokk'e njobo

pesto : tipis tipis anggere roto

wongso subali : wonge ra sepiro'o susune gedene sak bal voli

sumuk kringeten : susu dimuk" ora keri kebangeten
Kenyut
June 5, 2013   08:32 PM PDT
 
CD GEDI GONDOLI = Cilik Digedekke GEde DIGONDOLI
Kenyut
June 5, 2013   08:31 PM PDT
 
CD GEDI GONDOLI = Cilik Digedekke GEde DIGONDOLI
Kenyut
June 5, 2013   08:26 PM PDT
 
CD GEDI GONDOLI = Cilik Digedekke GEde DIGONDOLI
adde
June 3, 2013   11:55 PM PDT
 
CRUTU MAGELANG = CRUT METU PEGELE ILANG
KIMCIL = KIMPET CILIK MECICIL
wisanggeno
May 3, 2013   08:44 PM PDT
 
Kokceng latuluke culi line tuluke,,rokok kenceng ra metu keluke diuculi taline metu keluke
sai
February 13, 2013   08:35 PM PST
 
PANDE DIDAPUR : Pantatnya Gede Dada Siap Tempur
MINAK JINGGO : Miring Enak Njengking ya Monggo
MEETING LEMBUR : Mijat Yang Penting-penting, Nglempengake Burung
KOTBAH : Atas Nyokot(menggigit), Bawah Obah (gerak)
KUSUK : Kakune Pendak Isuk (kakunya ketika pagi)
BERIMAN : Berselingkuh Dengan Istri Teman
BOTI = Bo'ongin Titi* (alias Onan*)
GARBILETONG = Garuk Biji Lewat Kantong <<>
KDRT = Kekerasan Dalam Rongga Tjelana
GATSBY = Gatal Sekitar Bijy
GELISAH = Geli-geli Basah
NGELONJOR = Ngelamun Jorok
3T (Triple T) = TiTiT
MANCING = Maenin Alat Kencing
AIDS = Anunya itu Dipake Sembarangan
ISUZU PANTHER = Ih, Sungguh Zungguh Pantatnya Bikin Gemeter
KIJANG PANTER = Kaki Kejang Pantat Gemeter
DIADORA = Diem-diem Doyan Waria
SEKWILDA = Sekitar Wilayah Dada
BUPATI = Buka Paha Tinggi-tinggi
SUMUK RAK KRINGETAN : Susu di Dumuk Ra Keri Kebangeten
MINAK JINGGO = Miring Enak, Njengking Monggo
PELTU = Nempel Metu (Nempel Keluar)
PANDE DIDAPUR : Pantatnya Gede Dada Siap Tempur
MEETING LEMBUR : Mijat Yang Penting-penting, Lempengin BurungPOLITISI : Poligami Tiga Istri
NOSPACEBAR : Nonton Sambil Pegang Celana Bareng-bareng
EDI TANSIL = Ejakulasi Dini Tanpa Hasil
DOKEM KEMON = Disodok Kempot, Ditarik Monyong
SIMATUPANG = Siaang Malam Tunggu Panggilan
KISS = Kisah Seputar Selangkangan
BENTOEL BIRU= Benda Tumpul Bikin Rindu
SUKIRNO =Suka Mikir Porno
SUGENG PENDOWO= Su**ne Ageng Pen***e Dowo (Tok*tnya gede, Pent*lnya panjang)
LKMD = Lamar Keri Metheng nDisik (Ngelamar belakngan, hamil duluan)
DJARUM = Demi Janda Aku Rela Untuk Mati
WTC = Wanita Tanpa Celana
SUSTAGEN = Susu Tahan Gencet
IBL = Ikatan Beha Longgar
LEBAK BULUS = Lepas Bajuku Baru di Elus
NARUTO = Nafsunya Rusak TotalTRIKORA = Trio Kolor Rampasan
SENAYAN = Sekali Kena Langsung Doyan
MACAN TUTUL = Manis Cantik Kalo Jalan Pantatnya Mental Mentul
KOTBAH = Atas Nyokot (menggigit), Bawah Obah (gerak)
SUSU TANTE = Sumbangan Suka Rela Tanpa Tekanan
SUSU NENEK = Sumbangan Suka Rela Nekat-nekatan
SOLUNA = Sodokannya Lumayan Nancap
CENDOL = Cewek Doyan Lontong
AADC = Ada Apa Dibalik celana
HONDA = Hobinya Nongkrongin Janda
FANTA = Fantasinya Tabu
PEPSI = Pengen Peluk Situ
STTB = sekolah tamat tapi belegug
MACHO = MAntan CHOpet
EDI TANSIL = Ejakulasi DIni TANpa haSIL
ALOHA = Asal Lobang Hantam
TTM = Tiba Tiba Muless
Kuku Bima = Kurang Kuat Bini Marah
matematika = makin tekun makin tidak karuan
JAKARTA = Jambret Ada Kopruptor Ada Rampok Tetep Ada
Soluna = sodokannya lumayan nancap
Karimun = Kalo ribut tandanya muncrat
RINI = RIntihan NIkmat.......
SoNi = Sodokan Nikmat
Posyandu = Pos yang dulu ...
Skeleton = Skelompok Lelaki Tukang OnaniGUNAWAN = Gundul namun menawan
Ganteng = galandangan tengik
AGUS = Anunya Gede Ujungnya Sobek
KULIT PENIS = Kumpul dan Latihan Intensif Pemain Tenis...
Selingkuh = Selingan Indah Rumah Tangga runtuh
PLN = Perusahaan Lilin Negara (habisnya sering mati)
GERSANG = seGER dan merangSANG
Setia = senang Titit aja
Modis = MOnyong saDIS
kolor ijo = kornet telor kacang ijo
intelek = intip tete lewat ketek
Roleks = Resiko Orang Jeleks
Kutilang darat= kurus tinggi langsing dada rata.
Matt Brodin
January 8, 2013   01:16 PM PST
 
TEMpat PIKnik GUNung kiDUL..emboh singkaten dewe..
Matt Brodin
January 8, 2013   01:14 PM PST
 
TEMpat PIKnik GUNung kiDUL..emboh singkaten dewe..
dani
May 6, 2012   02:52 PM PDT
 
persego(persatuan anak goblog)
Name...
December 9, 2011   02:36 PM PST
 
wawww
YUDI
November 30, 2011   10:51 PM PST
 
KARANG SAMBUNG UDANE DERES = NDUWUR DI AMBUNG NGISORE TELES....
Name mat gokleh
September 16, 2011   07:06 PM PDT
 
wi dok pur wi digodok mempurrrrrrrrrr
betet
May 16, 2011   02:02 PM PDT
 
turing lisu = turune miring nyekeli susu... ;)
Soeparno
April 14, 2011   01:09 AM PDT
 
TOP = Tuwo Ompong Peyot
Soeparno
April 14, 2011   01:08 AM PDT
 
TOP = Tuwo Ompong Peyot
eagle
April 13, 2011   01:17 PM PDT
 
wongso subali = wong e ora sepiro susune sejawa bali >>>
ADIT BLORA
January 10, 2011   11:16 PM PST
 
NDHOLILAK : Ndase gundul ...line galak
saintmeko
December 22, 2010   05:06 PM PST
 
Sumuk ra keringeten = Susu didumuk Ra Keri Kebangeten
maz boby
December 2, 2010   10:47 PM PST
 
melankolis : merana lantaran kon**le spilis
miko
July 16, 2010   11:30 PM PDT
 
hahhhahhahha koyo kephang di eneng eneng =wes tenumpang ora keneng....
gino
July 6, 2010   12:19 PM PDT
 
ada ada aja...
pyjoe
January 26, 2010   11:20 PM PST
 
pakmuman makmudo nakmucengceng cukono= bapak mu nyinoman makmu mbiyodo, anakmu inceng2 pincuk ono
ediedech
November 26, 2009   09:50 AM PST
 
aq ngerti "minak jinggo"
plesetane "Miring Enak Njengking Monggo".....hahaha...
Name
November 25, 2009   11:28 AM PST
 
bensin=dijembeng ambune basin
Dimas
April 1, 2009   05:59 PM PDT
 
Kok mandeg kamusnya, aku sedang nyusun semua singkatan lucu, kasih bahan dong...
Nih sharing dikit "bahasa perancis" ya: Mahsong kehkuse = Omah kosong akeh tikuse...
tomgembus
September 12, 2007   01:42 PM PDT
 
Ono sing ngerti Minak Jinggo? :)
Johny
March 29, 2007   02:49 PM PDT
 
pis jok pit wang =
pipis di pojok gejepit lawang

ruler piss ro =
turu ngiler dipipisi coro

Terat ma kotsu =
Nganter surat malah dicokot asu
Moes Jum
June 28, 2006   11:33 PM PDT
 
Matur nuwun bin trima kasih utk Kang Mbilung dan Kang Subali atas tambahan singkatan saru tur wagune ... siip!
Subali Bejo Sugriwo
June 28, 2006   10:47 PM PDT
 
lordhot pretithol mbuttok silancah: kolor pedhot njepreti ...thol ..mbut rontok .....silan pecah
Mbilung
June 28, 2006   08:34 PM PDT
 
sing li pit yu = ngising ning kali dicapit yuyu.
lokusong lomuye = teloku gosong, telomu piye.
ada lagi
setu legi = setengah tue' lemu ginuk-ginuk
banjir = korban banjir
wis ah .... melu gemblung
Moes Jum
June 28, 2006   11:52 AM PDT
 
hehehe ... mengko konangan sarune. Makasih utk ngingetin yang Kaboer Kanginan, tapi aku gak yang 2 terakhir sampeyan sebut. Opo kepanjangane?
Mbilung
June 28, 2006   01:00 AM PDT
 
Weee...ora wani nulis wongso subali karo sumuk wakakakakakak...
Lha Kabur Kanginan mu kui, trus ono sing li pit yu, lokusong lomuye, dll.
 

Share |


Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry