Moes Jum
Male
mBogor


Sodara-sodara sekaliyan ....
Ini bukan hal penting untuk diliyat dan dijadiken referensi.
Ini cuman upaya ikut-ikutan saja seperti layaknya wong Indonesahh


   




Locations of visitors to this page




Sampeyan wong ndeso? Gak peduli dibilang "norak"? Kampungan? Atau males dan gak bisa beradaptasi sama modernitas dan rutinitas Jakartee? Monggo jangan sungkan2 untuk ndobos dan cangkruk gratisan di BUNDERAN HA-I setiap Jemuah malem (kalo gak hujan).

Aku iki wong Jowo sing berdomisili di Kota mBogor nan Indah Permei. Memang sekarang kota ini kurang nyaman. Mangka dari itu, aku dan konco-kancaku nyoba urun waktu dan tenaga supaya mBogor lebih indah dan nyaman. Diawali dengan mulung sampah di Kali Ciliwung setiap hari Sabtu. Sampeyan tertarik ikutan? Monggo sampeyan "klik" gambar berikut:





Blog ini tidak muncul mak jegagik begitu saja. Waktu mbuatnya aku banyak nyontek dan njiplak punya orang lain supaya tetep jadi "blog palsu" dan tidak berguna. Berikut beberapa yang sering diintip dan (tentu saja) dijiplak:

ANAKPERI KULAK BOROK
BAHTIAR THOK
BALIBUL
BANG PI'I
BERANGBERANG
BLANTHIK AYU
DINDA JOU
E-JHONSKI PANDIRAN GETEK
E-NDIKS
EVI
HEDI THOK
IPOEL_BANGSARI
ITOK
JAWA KULON
KABOER KANGINAN
KOEAING!
KOTA HUJAN
MENTHIL SUMENTHOK
MIKOW
NDORO SETEN
NDOBOSPOL
NENG JENI
NOTHING (WAHYU)
PAMAN TYO
PECASNDAHE
PINKINA
PITIK
JAWA KULON
TIKA BANGET
TITO KOMIK
TJILIWOENG DREAMS
YUSWAE










If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed


Tuesday, September 13, 2011
Ngrewangi Berjuang ...

Yen diitung-itung ... mungkin wis meh sekitar 8 bulan aku melu mbantu ngurus uripe sesama wong ndeso.  Bukan nang ndesoku dhewe tapi nang tanah Kalimantan kono.  Nama ndesone adalah Kampung Muara Tae nang Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.  Adohe lumayaaaan ....

Mbantu alias ngrewangi berjuang melawan penjajah kampung.  Penjajahe gak cuman siji, tapi lebih dari 2 penjajah.  Penjajah dari golongane prusahaan kebun sawit dan tambang batu bara.  Ternyata sak rekoso2ne urip nang ndeso ing tanah Jowo ... keliatannya masih luwih rekoso di Muara Tae.  Tanah2 kebun dan alas dibabat entek karo para penjajah kuwi.  Masyarakat diadu-domba ... (emang domba garut?).  Uripe wong nDayak yang dulunya tentrem diobrak-abrik dipekso menerima tawaran kemajuan berkat kebun sawit karo tambang batu bara. 

Kebetulan mulai tahun wingi, aku nduweni sedulur baru soko Muara Tae.  Maka ostomastis yen uripe sedulurku terancam, aku yo kudu cawe2 ngrewangi perjuangane sedulurku kuwi

Memang susah kalo gak punya kemampuan berjuang.  Soale aku sendiri tidak dilahirkan jadi preman utawa pendekar utawa tangtara utawa pulisi.  Aku ini lahir cenger sampe tuwek gini yo cuma jadi menungso biasa.  Kalo pun mau kelahi adu otot ya pasti kalah sama gentho, pulisi dan tangtara.  Mau adu pinter pun pasti kalah sama jagoan judi kertuLha trus aku bisa apa?  Yo gak bisa apa2 to ...

Dalam suasana bingung karena minim kemampuan tapi nduweni semangat ingin membantu, akhirnya ketemu juga jawabannya.  Aku ini ternyata bisa bantu2 nulis papan pengumuman alias plang.  Pelajaran melukis dan menggambar waktu SD pun bisa dipraktekkan langsung.  Trus bisa apa lagi?  Aku juga bisa jadi tukang blasak-blusuk nang tengah alas.  Tentunya gak cuman blusukan thok.  Tapi yaa harus ada gunanya, misalnya untuk mengamati dan mencatat isi hutan Muara Tae.



Memang
bantuanku gak banyak ... tapi yo lumayan.  Sing penting bisa mbantu dan ngrewangi perjuangan sedulurku melawan para penjajah kampung di Muara Tae.  Semoga wae perjuangan ini cepet berhasil .... amiiin.

Posted at Tuesday, September 13, 2011 by Moes Jum

among
December 10, 2011   02:36 AM PST
 
mantap...tapi pegel yo wakakakkakaakka
Moes Jum
September 14, 2011   03:52 PM PDT
 
@Ejhonski: makasih lah ... tapi kapan nih ikam mau bantu2 ke Muara Tae lagi? Sudah ditanya tuh lawan Pak Asuy ...
Ejhonski
September 14, 2011   03:32 PM PDT
 
Mantap...
lebih baik berbuat dr pada Omdo..

Lanjutkan...Dingsanak ai....
Ejhonski
September 14, 2011   03:31 PM PDT
 
Mantap Mang...
Yg penting apa yg kita mampu dan bisa kita kerjakan, dr pada Omdo....

 

Share |


Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry