Moes Jum
Male
mBogor


Sodara-sodara sekaliyan ....
Ini bukan hal penting untuk diliyat dan dijadiken referensi.
Ini cuman upaya ikut-ikutan saja seperti layaknya wong Indonesahh


   




Locations of visitors to this page




Sampeyan wong ndeso? Gak peduli dibilang "norak"? Kampungan? Atau males dan gak bisa beradaptasi sama modernitas dan rutinitas Jakartee? Monggo jangan sungkan2 untuk ndobos dan cangkruk gratisan di BUNDERAN HA-I setiap Jemuah malem (kalo gak hujan).

Aku iki wong Jowo sing berdomisili di Kota mBogor nan Indah Permei. Memang sekarang kota ini kurang nyaman. Mangka dari itu, aku dan konco-kancaku nyoba urun waktu dan tenaga supaya mBogor lebih indah dan nyaman. Diawali dengan mulung sampah di Kali Ciliwung setiap hari Sabtu. Sampeyan tertarik ikutan? Monggo sampeyan "klik" gambar berikut:





Blog ini tidak muncul mak jegagik begitu saja. Waktu mbuatnya aku banyak nyontek dan njiplak punya orang lain supaya tetep jadi "blog palsu" dan tidak berguna. Berikut beberapa yang sering diintip dan (tentu saja) dijiplak:

ANAKPERI KULAK BOROK
BAHTIAR THOK
BALIBUL
BANG PI'I
BERANGBERANG
BLANTHIK AYU
DINDA JOU
E-JHONSKI PANDIRAN GETEK
E-NDIKS
EVI
HEDI THOK
IPOEL_BANGSARI
ITOK
JAWA KULON
KABOER KANGINAN
KOEAING!
KOTA HUJAN
MENTHIL SUMENTHOK
MIKOW
NDORO SETEN
NDOBOSPOL
NENG JENI
NOTHING (WAHYU)
PAMAN TYO
PECASNDAHE
PINKINA
PITIK
JAWA KULON
TIKA BANGET
TITO KOMIK
TJILIWOENG DREAMS
YUSWAE










If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed


Sunday, December 13, 2009
Kaimana (bukan senja)

Sampeyan dulu pernah denger lagu ini gak?  Itu lho lagu lawas sing dinyanyikan sama AlfianLagune terkenal banget kala itu dan lagu jaman mbiyen alias jadul bangetJudule "Senja di Kaimana"Iki lagu yang membuat pendengarnya pingin membuktikan kalo di Kaimana itu ada suasana senja sing romantis dan indah banget.  

Kan ku ingat slalu
Kan ku kenang slalu
Senja indah
Senja di Kaimana

Seiring surya meredupkan sinar
Jika datang ke hati berdebar
Kau usapkan tangan halus mulus
Di luka nan parah penuh debu .........


Kalo sampeyan belum tahu di mana Kaimana itu, monggo silaken sampeyan buka2 atlas utawa peta.  Kalo gak punya atlas atau peta, yo sampeyan beli sana dulu.  Tapi belinya jangan di toko bangunan yang bener itu belinya yaa di toko buku.  Kalo sampeyan punya peta atau atlas, sampeyan coba cari di bagian Papua, tepatnya propinsi Papua Barat.  Trus sampeyan cari sebuah kota sing jenenge Kaimana.  Letaknya berada di pojok selatan propinsi itu.

Nahh balik lagi ke suasana senja.  Aku ndilalah kebagian rejeki untuk bisa mengunjungi Kaimana sing terkenal itu.  Pancen bener sedherek sedoyo memang leres. Suasana senja di sana pancen indah dan romantis.  Jadi wajar kalo dijadikan inspirasi buat lagu.  

Tapi berhubung sudah banyak cerita soal keindahan senja Kaimana, aku jadi males ikut2an crito soal itu.  Aku mau crito yang lain ajaCritoku soal hal2 indah dan top markotop lain di sekitar Kaimana.  

Kaimana itu kota kecil.  Dulunya (sebelum dimekarkan) Kaimana masih jadi bagian dari Kabupaten Fakfak.  Kota ini berada di tepi laut sing terkenal dan daerah kaya hasil laut.  Mau tau namanya?  Namanya Laut Arafura.  Laut yang kaya ikan, udang, dan hasil laut lain.  Laut yang dikenal dalam buku pelajaran sejarah SD sebagai tempat bersejarah dalam perebutan Irian Jaya dari Belanda dulu.  Tapi juga laut yang diserbu ribuan kapal penangkap ikan dan udang.



Bicara soal top markotop, ternyata Kaimana gak cuma kaya sama ikan dan udang.  Pas jalan2 di pasar sore tepi pantai, aku berkesempatan ngobrol sama mama2 yang bawa kepiting.  Mama2 itu bilang kalo kepiting ini diambil dari kawasan hutan mangrove di daerah Teluk Arguni.  Begitu lihat kepiting yang dijual, ternyata kepiting2 itu adalah kepiting2 super.  Ukuran badannya itu lho guedhe banget.  Terbayang kalo kepiting2 raksasa itu direbus . hmmm pasti rasane huenaakk dan lekker bangeeet!!!

Top yang lain apa?  Top yang lain adalah air laut sing resik pol sehingga terlihat bening.  Laut sing bening dan banyak ikannya itu pantainya rata2 adalah pantai bertebing2.  Gak cuman tebing juga ada gua2nya.  Mirip koyok pemandangan nang pilem2 kae lahh apalagi kalo ditambah sama pemandangan anak2 nelayan sing dolanan banyu sambil panggayo (dayung2) perahu kayu.  Banyu laut sing bening itu tentunya jadi habitat biota laut sing macem2 jenisnya.  Termasuk juga lumba-lumba hmmm si lumba2Wiiiihh serasa indaaahh banget.

Belum cukup bos, kalo crito soal top markotopnya Kaimana.  Gak jauh dari kota Kaimana, kalo kita naik perahu (long boat) ke arah selatan, kita bisa dapet pemandangan sing luwih hebat.  Tebing2 karang yang berbatasan langsung sama air laut sepanjang perjalanan betul2 hebat.  Ini bisa jadi lokasi yang menantang bagi para penakluk tebing sing hobine penekan ala rock climbing.  Di salah satu jajaran tebing2 karang itu, kalo sampeyan punya mripat sing jeli, sampeyan bisa liat hal2 sing lebih luar biasa.  Sampeyan bisa lihat lukisan tua (jaman pra-sejarah mungkin) di tebing2 itu.  Miturut critone orang2 Kaimana, lukisan di dinding batu itu umurnya sudah tua banget.  Ada gambar tangan, ada gambar mata, ada gambar orang, segitiga, dsb dsb.  Semuanya pake tinta/pewarna merah.  Ckckckckckkkkk .


Gimana ???
Sampeyan masih kurang percoyo soal keindahan dan kehebatan daerah terpencil di Papua ini?  Kalo masih belum percoyo, sampeyan dateng aja langsung ke Kaimana.  Salah satu surga keindahan alam Papua.

.... Seiring surya meredupkan sinar
Jika datang ke hati berdebar
Kau usapkan tangan halus mulus
Di luka nan parah penuh debu

Senja di Kaimana
Dan kasihmu dara
Dalam jiwa
Hingga akhir masa
kan ku ingat senja di Kaimana

Posted at Sunday, December 13, 2009 by Moes Jum

cheap moncler jackets
December 22, 2012   08:20 AM PST
 
I really do appreciate your feedback. I'm still struggling with the technology but I wish everyone all luck with this competition. I've been pinned down with a sick grandchild and today a very sick daughter - both with gastric flu which afflicts us all at this time of year - so this is the first moment I've had to get to the computer,454185,http://zumux.blogdrive.com/archive/254.html
gapunx
June 26, 2010   12:21 PM PDT
 
kulonuwun mas........nyuwun sewu...,
kulo ajeng teng kaimana insyaalloh minggu ke3 juli...
masalah transportasi lokal pripun???
trus.... biaya hidup sehari2ne pripun teng mriko??
Mboke
January 6, 2010   10:32 PM PST
 
Lumayan...nambah semangat pingin cpt2 ke sana....
evi
December 15, 2009   02:11 PM PST
 
kapan ya aku bisa kesana...? *mulai ngayal*
bangsari
December 15, 2009   01:29 PM PST
 
asyem. potone apik-apik tur kepenak ketoke. marahi ngiri lan pengin.
 

Share |


Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry